Tips Dan Cara Merawat Kopling Kendaraan Beroda Empat Biar Lebih Awet

Transmisi otomatis atau matik memang kali ini masih menjadi madona di kalangan masyarakat, akan tetapi untuk jenis manual pun masih banyak yang memakainya. Untuk perawatannya pun berbeda antara jenis otomatis dan manual. Tapi semua itu sangat dipengaruhi dengan perawatan yang berkala.

Sejatinya dikala kendaraan beroda empat sudah menempuh jarak 100 ribu km sistem kopling masih cantik akan tetapi bila cara penggunaan dikala berkendara yang sembrono terlebih lagi sering melewati medan yang ekstrim menciptakan kompilng menjadi rewel.� Sangat disayangkan sekali bila masih berumur 60 ribu atau 80 ribu km sudah menuntut untuk mengganti plat kompling, sedangkan kendaraan lain masih sanggup lebih pajang umurnya bahkan sanggup tiga kali lipat.

Fungsi dari komping sendiri ialah sebagai penyambung dan pemutus tenaga mesin ke roda melalui transmisi sedangkan letaknya ada di antara mesin dan transmisi. Berikut bitmof akan menawarkan beberapa tips yang sanggup dilakukan untuk menciptakan fungsi dari kompling panjang umur dan beberapa dilema yang sering terjadi pada kopling:

Jangan terlalu usang menginjak pada pedal kompling ketikda dalam perjalanan dikarnakan hal tesebut sanggup mempercepat terjadinya keausan plat matahari kopling pada clutch over dan sanggup terjadi kerusakan pada release bearing.Ketika anda terjebak dalam kemacatan yang panjang atau tanjakan, jangan memosisikan setengah kopling akan tetapi ada baiknya anda menggunakan hand rem atau tromol. Jika anda menahan setengah kopling maka akan menjadikan kampas kopling cepat tipis dan terang akan memperpendek umur kopling. Dan juga permukaan pressure plate pada cover clutch dan permukaan roda asing akan ikut terkikis.Jangan melepas kopling dengan kasar, karna sanggup menjadikan kerusakan pada permukaan plat kopling. Plat kopling yang tidak rata sanggup mengakibatkan kopling akan bergetar dikala dihidupkan. Jika itu kendaraan yang mengangkut beban berat tidak menutup kemungkinan sanggup memutus plat-plat yang ada di kampas kopling.

Tagged ,